Thursday, February 21, 2008

Arti Komunitas

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang sahabat yang bertanya padaku sewaktu aku akan pergi ke plasa telkom buat ngumpul bareng teman-teman disana.

Pertanyaanya sederhana, namun cukup menggelitik: "apa sih untungnya ikutan pertemuan (baca: komunitas)ini?. Aku pun menjawab sekenanya yang terlintas di otakku: "nambah temen!" jawabku.

Pas nyari-nyari internet, definisi komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak", gitu kata wiki.

Serupa, sama, adalah kata kunci dalam komunitas, ketertarikan terhadap hal yang sama menjadi daya ikat dari suatu komunitas, apapun jenis/tipe komunitas itu.
Kecendrungan untuk berkumpul, sharing dan melakukan suatu hal bersama-sama juga menjadi hal tak terpisahkan juga dari sebuah komunitas.

Hal tersebut juga terjadi *tentunya* di komunitas yang ada di Pontianak, semisal SpeedyClub, Borneo blogger, Pcyco, Gamers dan komunitas lain yang ada di Pontianak, semuanya berawal pada ketertarikan akan hal yang sama yang membuat keterikatan diantara sesama anggota komunitas tersebut.

Nah, berbicara masalah "untung" yang bisa didapat dengan bergabung dalam suatu komunitas kalo boleh dikatakan BANYAK SEKALI, diantaranya - dan yang paling jelas - adalah bertambahnya teman/kenalan, sehingga akupun dapat tahu dengan orang-orang hebat seperti: Alexander Mering, Andre, Cangak, eNPe, Fadli, Freddy Hernawan, Eka Saputra, Kiki, Kurnia Ramadhan, Mbak Louise, Mimi, Motosuki, mriza, Pak Bheri, pipiew, Reza, Rofiqul Anwar, Rudi Handoko, Syafaat Roy G, Siti Anggareni, Stefanus Akim, Whandi, Yaser Syaifudin, Zoel Bathosai, dan masih banyak orang hebat yang belum di sebutkan disini *yang belum disebut belum mendaftar, jadi buruan daftar,hehehe*.

Hal lain yang bisa didapat dari komunitas adalah menambah pengetahuan dari sharing/berbagi ilmu, yang tentunya berhubungan dengan komunitas yang terbentuk, semisal komunitas motor tentunya para anggotanya sharing ilmu tentang ke-motor-an, komunitas IT berbagi ilmu tentang perkembangan IT dan seterusnya.

"Dampak" lain yang bisa timbul dari ber-komunitas adanya penambahan finasial, kan bisa saja teman-teman dalam komunitas itu yang nawari proyek, kerjaan atau hal lain yang bisa mendatangkan finansial bagi kita, atau mungkin ada yang bagi-bagi duit gratis *nah kalo yang ini, semua pasti mau, setuju???!!!*

Manfaat lain bisa blogger dapatkan sendiri jawabannya, okeh???!!! *PR ya!*

Wallahu'alam
khatulistiwa, 21 feb 2008

[+/-] Selengkapnya...

9 comments:

Freddy Hernawan said...

kalau bukan bagian dari komunitas itu , siapa lagi yang mau kasih komentar ke blog kita..? itu salah satu manfaat nya :)

Zoehrie said...

yup, you are right brother ;)

Bangfad said...

tul tuh omz freddy... contohnye saye nih.. ngisi ngasi komentar di sini :) hehehe karne Sahabat Adalah : Suatu jalinan Kekeluargaan. jadi kite nih cam keluarge be.... hehehe

biaca said...

Aslkm...benar sekali..kawan...

moga dgn semkain banyak temen semakin hidup ini lebih berarti.

salam kenal mas zoehri udah berkunjung ke kemah reot sy...

oiya sy link ya

Zoehrie said...

Wa'alaikum salam, bang alex ya?
tengkyu udah mampir bang, saya link balik juga :)

Siti Anggareni said...

setuju banget..... (bagian nambah finansialnya, paling ga pas acara ngumpul2 ada yang ngebossin :d)

Anonymous said...

waaaaaaa..ada nama ita tp telat komen *kemana aja selama ini* :(
maap bang zoe-zoe :D
hmmm..komunitas emang byk manfaatnya tp sangat disayangkan ada segelintir orang *negatif* yg blg hanya buang2 waktu ngumpul rame2 sampe mlm, bercampur baur dgn byk lelaki *posisi ita sbg ce* :(
uh, capek deh kalo ada orang yg mikir sempit gt. gak gaul bgt!

Fahlul Achee said...

stelah ku tela'ah ne arti komunitas....

kyk'a bro da yg kurang???
bleh kan kta tnyak...

kra2 tuk proker dri komunitas sndiri bs di rincikan ga!!!!!

Tq??????????

Zoehrie said...

@ALUL: waduh, gimana ya bang, saya juga sebenarnya bukan orang yang expert alias ahli dalam bidang ini, tapi akan saya jawab sebisa saya.

Dari definisinya, komunitas merupakan sekelompok orang yang punya satu hoby atau punya kesamaan pikiran.

Kalo saya tidak salah mengartikan "proker" yang bang Alul maksud adalah program kerja, itu tergantung komunitas seperti apa yang kita ikuti, walau tidak melulu harus berkenaan tepat dengan tema yang kita usung sewaktu membentuk komunitas. Semisal saya ikut komunitas IT, jadi program kerjanya tidak mesti melulu IT, bisa juga yang lain, sebagai contoh bakti sosial dan kegiatan yang lain.

Jadi secara singkat, yang harus dilakukan pertama kali adalah pemilihan pengurus dari komunitas itu sendiri yang biasanya secara sederhana terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara serta anggota tentunya. Selepas itu baru pengurus dan anggota melakukan rapat guna menentukan langkah apa saja (proker) yang akan diambil kedepannya, agar apa yang dilakukan komunitas tersebut kedepannya lebih terarah.

Mungkin itu yang bisa dijelaskan, semoga bisa diambil hikmahnya

Wallahu'alam
Best Regard
ZoehriE
ariemz@gmail.com