Monday, December 20, 2010

Pembelajar Sejati

Yup, adalah seorang Pak Sudarto, pria paruh baya yang tak henti-hentinya belajar ilmu agama pada siapapun, dan mungkin kita tak percaya cerita bapak tiga anak ini...cekidot...

Nah, ini ni blogger yang mungkin dinamakan hijrah yang sesungguhnya, Pak Sudarto, seorang karyawan pabrik karet di Sungai Raya dari kecil mengaku tidak pernah belajar mengaji, apalagi masalah sholat, "tak pernah" ujarnya.

Namun, hidayah Allah ternyata disampaikan kepada beliau ketika ketiga anaknya sakit-sakitan dan tak kunjung sembuh untuk kurun waktu yang cukup lama. Segala upaya sudah Pak Sudarto lakukan, dari pengobatan dokter, sampai pengobatan alternatif, namun tak berhasil juga.

Akhirnya ada yang menyarankan untuk datang ke seseorang yang sholeh, dan minta di do'akan. Berkunjung lah Pak Sudarto kerumah orang tersebut dengan membawa sebotol air untuk minta di do'akan seperti yang disarankan temannya itu.

Setelah pulang, air tersebut diminumkan kepada ketiga anaknya, dah alhamdulillah, atas izin Allah, setelah beberapa lama, sakit ketiga anaknya pun mereda. Karena ada perubahan, Pak Sudarto kembali mengunjungi orang sholeh tersebut untuk di undang kerumahnya.

Sesampainya dirumah, orang sholeh tersebut tiba-tiba langsung bertanya, "Sholat, ndak? dengan perasaan malu, Pak Sudarto menjawab "jarang". Orang sholeh tersebut berkata, "Sejak saat ini, jangan pernah tinggalkan sholat!"

Semenjak kejadian itulah Pak Sudarto menjadi rajin sholatnya dan mulai belajar ilmu agama kepada orang sholeh itu, dan subhanallah, kondisi keluarganya berangsur membaik, ketiga anaknya pun tak pernah menderita sakit lagi. Karena itulah, Pak Sudarto pun semakin giat mencari ilmu kepada orang-orang sholeh serta belajar mengaji.

Saat ini, Pak Sudarto dipercaya masyarakat untuk memimpin Pengajian, Menjadi Khatib, dan imam sholat dilingkungan gang tempat Pak Sudarto tinggal. Bahkan kadang-kadang beliau menjadi khatib dan imam sholat di tempat lain.

Namun, sampai sekarang, sosok Pak Sudarto tak pernah bosan untuk menimba ilmu agama kepada orang-orang yang dianggapnya memiliki ilmu yang lebih dari dirinya, sebuah semangat yang luar biasa dan patut kita contoh. Lalu, bagaimana dengan kita?

[+/-] Selengkapnya...

2 comments:

Dian prawira said...

bang zuh.. ooo bang...

Zoehrie said...

eeee, ade dian prawira, c MT, ape kabar pak???